Rabu, 23 Juni 2010

Unable to Browse Network, Worm? Virus? Malware?


Unable to Browse Network, Worm? Virus? Malware?
Setelah seminggu masalah 'Generic Host process' selesai, ternyata masih ada beberapa kejanggalan yang terjadi pada beberapa komputer kantor, karyawan tidak bisa mengakses file dan printer sharing. Kecurigaan tetang masih adanya virus semakin besar, tapi beberapa AntiVirus sama sekali tidak mendeteksi adanya virus, mau tidak mau salah satu komputer yang masih bermasalah di periksa secara teliti, ternyata ditemukan kejadian yang aneh pada 'Services' untuk 'Computer Browser, Server dan Workstation' tiba-tiba berhenti prosesnya, hal ini penyebab dari kegagalan user untuk melakukan file-sharing atau browsing ke komputer yang ada di jaringan lokal.

Penyebab terjadinya hal ini masih belum diketahui, kemudian untuk mengaktifkan kembali saya mencoba melakukan start services secara manual, dengan step:

1. Masuk ke Control Panel.

2. Pilih 'Administrative Tools'.

3. Pilih 'Services'.

4. Cari 'Computer Browser' kemudian klik kanan, lalu pilih 'Start'.
Selain klik kanan kita juga bisa melakukan double klik sehingga muncul window properties seperti di bawah ini.



Pada window properties terdapat 4 pilihan, antara lain : 'start', 'stop', 'pause' dan 'resume'. Kita dapat memilih 'start' untuk memulai 'service' tersebut. Lakukan hal yang sama pada service - service yang lain seperti 'Server', 'Workstation' dan kemungkinan 'Windows Audio' karena beberapa komputer ada yang Audionya tidak berfungsi.(sumber: Rud Ahmed)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar